Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nunukan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinsos Kalteng Harap Perbankan Kendorkan Aturan Bantuan PKH

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 22 Januari 2021 - 17:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Sosial (Dinsos) Kalimantan Tengah (Kalteng) berharap penyaluran bantuan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) bisa mendapat dukungan penuh perbankan.

“Kami berharap perbankan bisa lebih fleksibel lagi terkait aturan untuk penyaluran bantuan KPM PKH. Terutama yang berada di kawasan pinggiran,” sebut Kepala Seksi Jaminan Sosial Keluarga Dinsos Kalteng, Alexander Prasetyo, Jumat, 22 Januari 2021.

Sebelumnya Dinsos sudah bekerja sama dengan perbankan untuk memfasilitasi bantuan KPM PKH untuk masyarakat pelosok Kalteng dengan jemput bola.

Namun karena regulasi keuangan perbankan yang hanya boleh mengeluarkan uang dalam waktu 24 jam pihaknya tidak bisa menjangkau kawasan yang lokasinya jauh dari kantor bank.

“Regulasi yang ada kalau mengeluarkan uang dalam waktu 24 jam harus kembali lagi ke bank. Sedangkan untuk kawasan pelosok kadang membutuhkan waktu lebih dari sehari untuk sampai ditujuan,” terangnya.

Sedangkan agen perbankan biasanya tidak sampai menjangkau kawasan tersebut karena keterbatasan keuangan yang dimiliki agen personal.

“Memegang uang cash yang banyak di agen perbankan seperti BRI Link tentunya meningkatkan resiko keamanan. Semoga kedepan perbankan bisa lebih mengendorkan aturan agar bisa turun langsung mencairkan bantuan,” tandasnya. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru