Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Musi Rawas Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tuntaskan Jalan Khusus Angkutan Berat

  • Oleh Naco
  • 22 Januari 2021 - 18:55 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur  tahun ini menargetkan penyelesaian jalan khusus untuk angkutan berat.

Jalan itu rencananya dari Kilometer 62 Jalan Jenderal Sudirman langsung menuju ke Pelabuhan Bagendang. Ruas jalan itu akan menerobos dan melewati Desa Pondok Damar, Kecamatan Mentaya Hilir Utara.

Ketua Komisi IV DPRD setempat juga mendukung rencana tersebut. Hal ini diharapkan bisa mengurai kepadatan lalulintas di jalur Sudirman sendiri. 

Sebab, selama ini jalur itu paling padat karena digunakan untuk angkutan CPO. Kecelakaan lalulintas kerap melibatkan kendaraan perkebunan tersebut.

“Memang harus diurai kepadatan jalur itu karena memang kondisinya sangat padat, bahkan angka lakalantas di jalur itu terbilang tinggi, kami mendorong agar jalur khusus itu segera dibereskan karena memang sejak lama wacana ini bergulir,” kata Ketua Komisi IV Dadang H Syamsu, Jumat, 22 Januari 2021.

Apabila fungsional jalan ini nantinya dapat memangkas jarak dan waktu sehingga lebih menguntungkan. Ada selisih jarak lebih dari 20 kilometer dibanding rute yang selama ini dilalui. 

Total panjang jalan tersebut sekitar 54 kilometer. Sebagian melewati jalan perusahaan, sisanya melewati jalan yang dibuka dari lahan-lahan yang dihibahkan masyarakat dari 54 kilometer panjang jalan tersebut, masih ada 17 kilometer jalan yang harus dibuka dan dituntaskan. 

Kendalanya, lahan yang dikelola masyarakat itu masih berstatus kawasan hutan produksi sehingga harus mendapat izin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan agar bisa digunakan dengan status pinjam pakai kawasan. (NACO/B-5)

Berita Terbaru