Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Tengah Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dampak Kesehatan Jangka Panjang Bagi yang Pernah Positif Covid

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 22 Januari 2021 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah (Kalteng) mengingatkan dampak kesehatan yang biasa dialami pasien Covid-19.

“Beberapa dampak jangka panjang yang banyak dilaporkan termasuk kelelahan, kesulitan bernapas atau sesak napas, batuk, nyeri sendi, dan juga nyeri di dada,” kata Ketua Satgas Covid-19 Kalteng, Sugianto Sabran dalam rilisnya, Jumat, 22 Januari 2021.

Beberapa laporan lainnya, lanjut dia, mencakup kesulitan berpikir dan konsentrasi, depresi, nyeri otot, pusing, demam intermiten, serta jantung berdebar cepat atau berdebar kencang. 

Ia menyampaikan data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) juga mencatat laporan dampak jangka panjang serius yang mempengaruhi sistem organ tubuh secara berbeda-beda. 

“Berbagai dampak jangka panjang pada kesehatan ini masih akan terus diteliti,” tambahnya.

Tim satgas juga mengingatkan masyarakat untuk taat melaksanakan protokol kesehatan wajib 4M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan baik di dalam maupun diluar rumah.

“Melihat kenyataan penyebaran Covid-19, seluruh masyarakat diharapkan tidak ada lagi yang berpikir bahwa ini merupakan sebuah konspirasi,” tandasnya. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru