Aplikasi Pilkada Serentak

IT Konsultan Terbaik Indonesia

4 Daerah Ini Menjadi Tempat Sebaran Penduduk Terbesar di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 23 Januari 2021 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dengan dirilisnya hasil data sensus penduduk oleh BPS Kalteng, hingga sampai tahun 2020 lalu jumlah penduduk yang ada di Kalteng mengalami peningkatan yakni berjumlah 2,67 juta jiwa.

Sementara itu, dari sisi sebaran penduduk yang ada, konsentrasi lebih terpusat pada sejumlah Kabupaten atau kota besar seperti Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotim, Kapuas, dan Kobar.

"Jika digabung jumlah penduduk pada 4 daerah tersebut sebanyak 52,55 persen," ujar Ketua BPS Kalteng, Eko Marsoro. Sabtu, 23 Januari 2021.

Diungkapkannya juga, jika dari 4 daerah itu Kotim lah yang menjadi satu-satunya daerah di Kalteng yang memiliki konsentrasi penduduk paling besar yakni sebanyak 428,90 ribu jiwa atau 16,06 persen.

"Untuk sebaran penduduk terkecil ada di daerah Kabupaten Sukamara yang hanya sebesar 2,38 persen atau sekitar 63,46 ribu jiwa saja," terangnya.


Dijelaskannya, jumlah kependudukan di Kalteng cukup mejadi perhatian berdasarkan data yang ada, pasalnya berdasarkan hasil sensus tersebut mayoritas penduduk Kalteng didominasi oleh generasi Z atau penduduk kelahiran 1997 sampai 2012 dan generasi milineal kelahiran 1981 sampai 1996.

Dikatakannya, struktur penduduk dapat menjadi salah satu modal pembangunan ketika jumlah penduduk usia produktif sangat besar.

"Kedua generasi ini termasuk dalam usia remaja dan produktif dan dapat menjadi peluang untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi di masa mendatang," imbuhnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru