Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bintan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

RSUD Kapuas Persiapkan Sarana dan Prasarana Pendukung Uji PCR

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 25 Januari 2021 - 11:35 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pihak RSUD dr Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas saat ini sedang mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung untuk bisa melakukan uji spesimen dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) dalam pemeriksaan covid-19.

Terlebih saat ini pihak RSUD Kapuas telah menerima bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berupa 1 mesin PCR dan kelengkapannya.

Dalam operasional peralatan bantuan tersebut sebagai sarana pendukung, pihaknya juga baru saja selesai membangun Laboratorium Bio Safety Level Dua.

"Adapun sarana dan prasarana pendukung lainnya juga sedang dipersiapkan, seperti salah satunya kelengkapan peralatan untuk laboratorium tersebut. Kesiapan sarpras pendukung ini ditargetkan akan selesai pada bulan Mei 2021 mendatang," kata Direktur RSUD Kapuas, Agus Waluyo, Senin, 25 Januari 2021.

Ia menuturkan apabila semua sarana dan prasarana sudah lengkap maka selanjutnya akan diajukan permohonan kepada Pemerintah Pusat melalui Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng, untuk mendapatkan izin operasional pemeriksaan Covid-19 di RSUD Kapuas.

Sementara itu, terkait kesiapan tenaga kesehatan untuk laboratorium PCR ini nantinya, Agus menuturkan pihaknya saat ini sudah memiliki tenaga terampil dan terlatih.

"Kami sudah memiliki dokter spesialis Mikrobiologi. Begitupun para tenaga laboratorium kami sudah memiliki sertifikasi dan juga akan ada penambahan 6 tenaga laboratorium yang saat ini sedang dalam proses rekrutmen,"

Disebutkan Agus, bantuan dalam percepatan penanggulangan Covid-19 dari BNPB ini, merupakan yang kedua kalinya. Setelah sebelumnya pihaknya, juga menerima bantuan ratusan Cartridge Tes Cepat Molekuler atau TCM yang digunakan untuk swab test. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru