Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Berau Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rutan Kuala Kapuas Berikan Pembinaan Pembuatan Paving Blok ke Narapidana

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 25 Januari 2021 - 12:15 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pihak Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kuala Kapuas memberikan pembinaan kepada narapidana yang menjalani pidana di rutan tersebut. 

I Ketut Cemarne, selaku petugas pembinaan menyampaikan bahwa paving blok ini akan dijadikan salah satu produk unggulan narapidana Rutan Kuala Kapuas.

“Jadi selain untuk bekal dan keterampilan bagi WBP, nantinya paving ini akan dijual keluar dengan harga Rp 2.000 - 2.500 perbijinya, tergantung harga bahan pokok karena terkadang bisa naik, bisa turun," kata I Ketut, Senin 25 Januari 2021.

Ketut juga menjelaskan proses pembuatan paving di Rutan Kuala Kapuas agar memperoleh kualitas yang maksimal.

"Selama ini perbandingan bahan pokoknya yaitu satu sak semen dengan tiga artco pasir dan air secukupnya bisa menghasilkan 90 - 100 biji paving, dan dalam sehari kita hanya bisa hasilkan sekitar 350 biji paving dikarenakan hanya ada dua alat press paving yang kita miliki jelasnya," ucapnya.

Seluruh produk hasil karya WBP nantinya akan dipasarkan dengan labeI/merek passion yang mana Passion merupakan merek yang dimiliki oleh lemasyarakatan seluruh Indonesia dan sesuai arahan dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan bahwa produk barang dan jasa dari warga binaan seluruh Indonesia seragam menggunakan merk tersebut.

Hasil dari penjualannya pun akan dibagi tiga sesuai dengan Keputusan Menteri Kehakiman Republik Indonesia Nomor M.01-PP.02.01 Tahun 1990 tentang Dana Penunjang Pembinaan Narapidana Dan lnsentif Karya Narapidana

"Dalam Pasal 5 mengatur besaran upah yang diterima narapidana yaitu 50% sebagai insentif karya narapidana, 35% sebagai dana penunjang pembinaan narapidana, 15% disetor ke Kantor Kas Negara," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru