Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Revitalisasi Huma Betang Bentuk Mempertahankan Peninggalan Sejarah dan Budaya Suku Dayak

  • Oleh Donny Damara
  • 25 Januari 2021 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekretaris Komisi III DPRD Kalteng Kuwu Senilawati mengatakan, revitalisasi Huma Betang perlu dilakukan, merupakan sebagai bentuk mempertahankan peninggalan sejarah dan budaya suku Dayak Kalteng.

"Huma Betang yang perlu dilakukan revitalisasi tersebut yaitu Huma Betang Toyoi, Huma Betang Temanggung Singa Kenting dan Huma Betang Antang Kalang," ungkapnya. Senin, 25 Januari 2021.

Dia mengatakan, pihaknya tidak ingin jika Huma Betang tersebut nantinya direnovasi sebab jika dilakukan akan menghilangkan keaslian dari bangunan tersebut.

"Kita hanya ingin di revitlisasi saja, dengan dengan demikian bentuk keaslian Huma Betang itu tetap terjaga dan berdiri kokoh," ujarnya.

Dia menjelaskan, Huma Betang merupakan salah satu ciri khas Suku Dayak yang telah ada sejak zaman dahulu. Bahkan ada falsafah yang muncul berdasarkan keberadaan Huma Betang tersebut, yang mencerminkan tata cara hidup dan bersosialisasi Suku Dayak.


"Jadi jangan sampai falsafahnya ada tapi Huma Betangnya hampir runtuh, oleh karenya kita mendorong pemerintah untuk merevitalisasi tiga Huma Betang yang mengalami kerusakan karena tergerus zaman dan usia," terangnya.

"Karena Huma Betang yang ada tersebut merupakan tonggak sejarah Suku Dayak Kalteng, dengan tetap berdirinya bangunan itu maka bisa untuk dilihat oleh anak cucu kita kedepan," tutupnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru