Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pasaman Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komisi III DPRD Kalteng Dorong Pemda Tingkatkan SDM Lokal Dalam Rangka Menunjang Pengembangan Pariwisata

  • Oleh Donny Damara
  • 25 Januari 2021 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam rangka menunjang sektor kepariwisataan di Kalteng, Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing mendorong Pemda agar meningkatkan SDM lokal melalui berbagai pelatihan.

"Pengembangan SDM lokal melalui pelatihan tentunya akan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat ataupun daerah," kata Duwel. Senin, 25 Januari 2021.

"Seperti contohnya membuat souvenir dari sebuah obyek wisata itu sendiri, tentu ini bagus untuk lebih mengenalkan atau mempromosikan tempat wisata yang ada didaerah itu sendiri," ujarnya.

Dia menjelaskan, setiap wisatawan yang berkunjung baik itu dari lokal, Nasional, maupun mancanegara pasti akan mencari cenderamata untuk kenang-kenangan.

"Maka dari itu, pengembangan keterampilan membuat souveir atau cendera mata ini sangat penting bagi masyarakat. Selain untuk pengembangan ekonomi juga bisa membuka lapangan kerja baru untuk masyarakat lokal," tuturnya.

Maka dari itu, perlu adanya dukungan dari Pemda, agar masyarakat lokal yang ada diberikan pelatihan yang berefek domino pada pengembangan kepariwisataan, sehingga hal tersebut bisa dijadikan acuan Pemerintah dalam upaya pengembangan sektor kepariwisataan Kalteng.

"Sebab sampai saat ini, di Kalteng masih kurang adanya keberadaan souvenir atau cendera mata khas dari objek wisata itu sendiri," imbuhnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru