Aplikasi Manajemen Relawan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Musrembang Jangan Hanya Seremonial Saja

  • Oleh Naco
  • 25 Januari 2021 - 18:21 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sekretaris Komisi I DPRD Kotim Hendra Sia menekankan agar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) jangan hanya sekedar seremonial, namun harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.

"Jangan sampai Musrenbang jadi seremonial saja tiap tahun, tapi tidak dilaksanakan," kata Hendra Sia, Senin, 25 Januari 2021.

Menurutnya banyak aspirasi masyarakat yang tidak dapat dilaksanakan hingga kini. Kalau hanya seremonial saja maka akan  membuang waktu dan anggaran.

Musrenbang tingkat kecamatan bukan sebatas seremonial di atas kertas untuk memuji kewajiban rutin tahunan saja. Lebih dari itu, musrenbang ini harus menjadi skala prioritas pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotim untuk direalisasikan.

Ditegaskan, apa yang menjadi hasil Musrenbang ini harus komitmen diusahakan agar terealisasi. Jangan hanya sekedar program tahunan yang harus dilaksanakan untuk mengumpulkan kebutuhan masyarakat, namun nyatanya tidak diusahakan.

Pasalnya hingga saat ini masih banyak hasil Musrenbang tahun-tahun lalu yang belum terealisasi, sehingga di tahun ini hal tersebut harus benar-benar diusahakan dengan maksimal.

Untuk itu pelaksanaan musrenbang diharapkan bukan sebatas memenuhi kewajiban rutin saja, tapi ada skala prioritas yang benar-benar terasa realisasinya di tahun mendatang, karena Musrenbang merupakan perencanaan final. (NACO/B-6)

Berita Terbaru