Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Cilegon Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Ketua DPRD Kalteng Harapkan Pemerintah Perhatikan Rumah Betang Manggatang Utus

  • Oleh Donny Damara
  • 26 Januari 2021 - 14:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua III DPRD Kalteng, Faridawaty Darland Atjeh mengharapkan pemerintah agar memperhatikan rumah Betang Manggatang Utus di Sei Pasah, Kecamatan Kapuas Hilir, Kabupaten Kapuas.

Rumah Betang Manggatang Utus tersebut dibangun sejak tahun 1806 dan sudah pernah direnovasi. Meski dibangun sejak lama, Rumah Betang yang memiliki sejarah itu tidak masuk dalam cagar budaya.

"Karena pasca direnovasi, Rumah Betang itu sampai dengan sekarang masih belum mencapai 50 tahun," kata Faridawaty, Selasa, 26 Januari 2021.

Dia mengatakan, pihaknya akan terus berjuang agar kedepannya Rumah Betang tersebut dapat menjadi perhatian pemerintah untuk dilakukan pemeliharaan.

Selain itu juga, pada tahun 2022 nantinya direncanakan akan mendapat alokasi anggaran sebagai bentuk perhatian serius pemerintah dalam melestarikan budaya di Kalteng.

"Rumah betang ini, jika dikelola dengan baik akan menjadi objek wisata yang menjanjikan. Lokasi berada di tepi jalan raya. Sehingga orang yang hendak mengunjunginya sangat mudah," ujarnya.

Dia menjelaskan, Rumah Betang tersebut merupakan milik Pemkab Kapuas. Namun untuk mengembangkan serta memberikan perhatian tidak melihat siapa yang menjadi pemiliknya. Dan dalam pengelolaannya harus tetap bersama-sama.

"Supaya Rumah Betang tersebut menjadi objek wisata menarik, perlu diperhatikan seperti pembenahan bangunan fisik dengan melengkapi fasilitas, membenahi jalan di kawasan, serta membuat anjungan atau ruang pamer hasil kerajinan lokal dan lainnya," pungkasnya. (DONNY D/B-11)

Berita Terbaru