Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bitung Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Kesal Truk Lintasi Jalan Kota Baru Diaspal, Kinerja Dishub Kotim Dianggap Mengecewakan

  • Oleh Naco
  • 26 Januari 2021 - 15:55 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Handoyo J Wibowo mengaku kecewa dengan kinerja Dinas Perhubungan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Bahkan saat rapat dengar pendapat beberapa waktu lalu, politikus Partai Demokrat ini sempat meluapkan kekecewaan atas kinerja dari dinas tersebut.

“Saya mungkin bilang kinerja dishub ini paling mengecewakan, karena mereka tidak peka dengan karut marut persoalan lalulintas di dalam kota. Ini tidak pernah mereka hiraukan," kata Handoyo, Selasa, 26 Januari 2021.

Handoyo memertanyakan apakah itu memang karena sengaja atau tidak paham terhadap tugas pokok dan fungsinya.

Handoyo menyebutkan jika seandainya dinas itu bekerja dengan baik maka tidak mungkin publik ini terus berteriak mengenai angkutan yang kerap menerobos masuk dalam kota hinga berkecepatan tinggi. 

Dishub semestinya dengan kewenangannya merangkul semua pengusaha angkutan hingga sopir untuk memberikan pemahaman tentang seharusnya berkendara di dalam kota.

“Seharusnya di setiap persimpangan dan lain sebagainya ada ditempatkan pegawai dan petugas LLAJ untuk mengatur lalu lintas," ucapnya.

Dia juga menambahkan, sekarang angkutan truk melintas di Jalan MT Haryono yang baru saja diaspal. Melihat dari itu saja mereka sudah bisa menilai kinerja Dinas Perhubungan.

"Harusnya mereka hadir di situ untuk mengatur lalulintas tadi, sikap oknum sopir yang melintas di Jalan MT Haryono itu sudah tidak bisa ditoleransi. Pemerintah kabupaten sudah cukup memberikan kelonggaran untuk melintas di Jalan Kapten Mulyono dan Pelita. Seharusnya jalur itu dimanfaatkan sementara waktu perbaikan ini," tandasnya.

Dia pun mengatakan hal itu sudah selayaknya ditindak tegas. Apalagi, anggaran daerah akan habis disedot jalan kalau baru selesai diaspal dibiarkan truk berbeban berat melintas. 

"Ini hendaknya jadi evaluasi bagi kepala daerah untuk kinerja jajarannya," tegas Handoyo. (NACO/B-11)

Berita Terbaru