Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Fraksi PKB DPRD Barito Utara Dorong Penyusunan Raperda Pilkades Serentak dan Antarwaktu

  • Oleh Ramadani
  • 26 Januari 2021 - 20:11 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Kabupaten Barito Utara mendorong penyusunan Raperda tentang pelaksanaan Pilkades serentak dan antarwaktu untuk segera dibahas.

Juru Bicara Fraksi PKB Barito Utara, Benny Siswanto mengatakan dengan adanya Raperda ini maka pelaksanaan Pilkades lebih efektif dan efisien baik secara waktu maupun anggaran.

Namun mengingat Barito Utara memiliki 93 desa, tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah daerah untuk mengakomodasi secara merata seluruh kebutuhan desa dalam menyelenggarakan pemilihan dan dengan biaya pelaksanaan pemilihan sebagian dibebankan pada APBD.

“Jika ditinjau dari sisi pengawasannya, pemerintah daerah juga harus kerja ekstra. Mengingat secara geografis letak desa tidak semuanya dekat dengan ibukota kabupaten,” ungkapnya, Selasa 26 Januari 2021.

Belum lagi masalah yang ada di masyarakat, karena minimnya Pendidikan politik dan masih rendahnya SDM, sehingga tetap menjaga iklim pemilihan yang demokratis di setiap desa perlu adanya payung hukum yang jelas.

“Yang bisa dipakai sebagai aturan dan  ketentuan, sehingga pelaksanaan pilkades serentak dan antar waktu di Kabupaten Barito Utara dapat berjalan dengan tertib, aman, kondusif dan lancar,” pungkasnya. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru