Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sintang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Katingan Sebut Produksi Durian Tahun Ini Berkurang, Ini Penyebabnya

  • Oleh Abdul Gofur
  • 27 Januari 2021 - 20:11 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bupati Katingan, Sakariyas menyebut musim panen buah durian dari daerahya tahun ini berkurang dibanding tahun sebelumnya. 

"Sekarang ini dibeberapa wilayah Katingan masyarakat yang memiliki pohon durian sedang panen,  tapi banyaknya pohon durian itu yang tidak berbuah, " sebutnya, Rabu 27 Januari 2021.

Selain di Desa Tumbang Liting dan Tewang Kadamba Kecamatan Katingan Hilir, saat ini warga di Pendahara, Tewang Rangas dan sejumlah desa lainnya termasuk di wilayah Pulau Malan dan Kecamatan Katingan Tengah sebagian mulai panen buah durian. 

"Biasanya durian ini rutin tiap tahun, mungkin karena 2020 selalu hujan berkepanjangan, sehingga mempengaruhi panen tahun ini," ujarnya. 

Pasalnya, akibat cuaca yang tidak bersahabat menyebabkan tidak jarang bunga durian gugur. "Tapi yang pasti tahun ini ada dan patut bersyukur lah masih ada musim durian, sehingga itu bisa menjadi usaha masyarakat," katanya. 

Dia mengaku juga memiliki kebun durian ini,  namun saat ini masih belum berbuah. Dia mengatakan warga Katingan patut berbangga dengan buah dirian yang ada.  Pasalnya,  durian asal Katingan ini sudah terkenal di mana-mana terutama untuk wilayah Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. 

"Durian Katingan ini saya liat dijual di mana-mana,  seperti Palangka Raya  dan Banjarmasin yang diberi label durian Kasongan dan ini patut kita syukuri, " imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru