Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bone Bolango Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengelolaan Lingkungan Hidup di Katingan Dinilai Baik, Ini Alasannya

  • Oleh Abdul Gofur
  • 28 Januari 2021 - 00:00 WIB

BORNEONEWS,  Kasongan - Kepala Dinas Lingkungan Hidup atau DLH Kabupaten Katingan,  Hap Baperdo menilai pengelolaan lingkungan hidup di Bumi Penyang Hinje Simpei cukup baik.

"Pengelolaan lingkungan hidup di Kabupaten Katingan sejauh ini cukup baik, karena memang sesuai peruntukan luas wilayahnya, yaitu ada dua taman nasional, Taman Nasional Sebangau dan Taman Nasional Bukit Raya Bukit Bala yang sudah dikonservasikan, " kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Katingan, Hap Baperdo,  Rabu,  27 Januari 2021.

Di luar itu,  kata Hap Baperdo memang ada kawasan-kawasan lainnya yang telah dikonservasikan oleh Pemerintah Kabupaten Katingan.

"Kenapa saya berani mengatakan kalau Pemerintah Kabupaten Katingan cukup konsisten menjaga lingkungannya,  yang pertama itu visi misi Bupati dituangkan di sana bagaimana pemanfaatan lingkungan ini bisa lestari dan punya kesinambungan dari dulu sampai kedepannya, " katanya.  

Kemudian ada payung hukum yang sudah disiapkan oleh pemerintah daerah, yaitu berupa peraturan daerah atau Perda Konservasi Katingan untuk Borneo.

"Nah untuk Konservasi Katingan untuk Borneo ini bagaimana kita menjaga kawasan yang memang sudah dikonservasikan,  sudah ada payung hukumnya,  ada legalitas payung hukumnya," ujarnya. 

Kemudian, imbuh dia pihaknya juga mendata kembali kawasan-kawasan yang harus ditambahkan kembali kepada masing-masing kecamatan dan desa itu untuk dikonservasikan. 

Ada dua konservasi, kata Hap yaitu  konservasi alam dan konservasi budaya.

"Untuk konservasi alam kita akan menjaga kawasan yang punya nilai konservasi tinggi yang belum memang ditetapkan pemerintah pusat dan provinsi,".

Pemerintah Kabupaten Katingan,  kata Hap punya kepentingan untuk menetapkan contoh desa konservasi itu misalnya sudah dipetakan ada tajahan,  kaleka,  sapundu,  patahu dan lain sebagainya.

Berita Terbaru