Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kendal Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua Bawaslu: SDM Pengawas Pemilu di Katingan Diharapkan Lebih Baik Lagi

  • Oleh Abdul Gofur
  • 28 Januari 2021 - 17:51 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Badan Pengawas Pemilihan Umum atau Bawaslu Kabupaten Katingan mengadakan rapat evaluasi pengawasan Pilkada Kalteng 2020 di aula BPKAD, Kamis,  28 Januari 2021.

Rapat ini dihadiri sejumlah pihak dan di antaranya Ketua Bawaslu Katingan Yosafat E Kawung,  Ketua KPU Katingan Subandi, Wakapolres Katingan Kompol Arifin, Perwira Penghubung Kodim 1015 Sampit Mayor Inf Supriyanto, Asisten I Setda Katingan, perwakilan Kejaksaan Negeri Katingan dan para pengawas kecamatan atau Panwascam dan desa se Katingan. 

Menurut Yosafat kegiatan ini untuk melakukan evaluasi kinerja pengawasan terkait pemilihan kepala daerah. 

"Kami tekankan bahwa untuk kedepan agar lebih baik lagi terkait dengan kesiapan SDM, sebab kita betul-betul mengharapkan jajaran penyelenggara khususnya pengawas dimasa akan datang bisa lebih baik lagi dari yang saat ini, " harapnya. 

Dia jberharap pengawas itu harus mampu atau bisa memahami seluruh proses mekanisme tata cara prosedur pada saat seluruh proses tahapan pemilu, termasuk juga mengenai dasar-dasar hukum penyelenggaraan, itu yang menjadi poin kita rapat hari ini.

Yosafat juga menuturkan pada saat pelaksanaan Pilkada Kalteng 2020 sejak tahapan awal sampai dengan berakhirnya pelaksanaan tidak ada satu peristiwa atau tidak ada satu pelanggaran baik yang ditemukan maupun dilaporkan oleh masyarakat atau tim pasangan calon.

"Karena memang pada saat proses pelaksanaan tahapan jajaran pengawas selalu memaksimalkan fungsi pengawasan dalam arti supaya kita bisa meminimalisir adanya dugaan pelanhgaran yang terjadi pada saat kita di lapangan melakukan pengawasan," ujarnya. 

Oleh karena itu karena pihaknya terus melakukan pengawasan secara melekat hal itu dapat mengurangi atau meminimalisasi adanya dugaan pelanggaran. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru