Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Katingan Sebut Bawaslu Telah Bekerja Optimal saat Pilkada Kalteng 2020

  • Oleh Abdul Gofur
  • 28 Januari 2021 - 19:56 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bupati Katingan, Sakariyas meyebut Badan Pengawas Pemilihan Umum atau Bawaslu telah bekerja optimal saat pemilihan kepala daerah atau Pilkada Kalteng 2020.

Hal ini dikatakan Asisten I Setda Katingan Edrianto saat membacakan sambutan Bupati Katingan pada rapat evaluasi pengawasan Pilkada 2020 di aula BPKAD, Kamis 28 Jauari 2021.

"Saya menyambut baik keberadaan Bawaslu Katingan yang telah bekerja dengan optimal, profesional dan penuh tanggung jawab dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah 2020 yang telah kita lewati tahun lalu, " ujarnya.

Menurutnya satu hal penting yang mendapatkan perhatian dalam pelaksanaan Pilkada adalah mengenai keterlibatan masyarakat dalam penyelenggaraan pesta demokrasi itu sendiri. Pandemi Covid-19 yang melanda dunia juga menjadi tantangan bagi semua pihak melaksanakan Pilkada serentak 2020.

"Masalah yang mendasar adalah bagaimana para pelaksana di lapangan baik tingkat kabupaten, kecamatan, desa dan kelurahan," ujarnya. Bahkan di tingkat TPS secara bersama memahami cara pemungutan dan penghitungan suara.

Jika seluruh komponen yang terkait dalam penyelenggaraan pilkada ini telah memiliki kesamaan pandangan, maka pada akhirnya terciptalah pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalteng 2020 yang demokratis.

Dalam kesempatan ini pula Edrianto juga berpesan acara rapat evaluasi pengawasan pilkada 2020 ini menjadi tempat evaluasi pelaksanaan Pilkada oleh KPU, Bawaslu Katingan beserta jajaran dengan pemerintah daerah serta pihak kepolisian dan TNI pada Pilkada selanjutnya yang demokratis, aman, damai dan lancar.

"Saya memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada jajaran Bawaslu yang telah menyelenggarakan acara ini," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru