Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Cilegon Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemekaran Kotawaringin Lanjutkan Perjuangan Sejarah

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 29 Januari 2021 - 21:21 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Presidium Daerah Persiapan (PDP) Provinsi Kotawaringin menilai langkah memekarkan Provinsi Kotawaringin merupakan melanjutkan perjuangan sejarah.

Wakil Sekretaris PDP Provinsi Kotawaringin, Suhartono Firdaus menceritakan pada tanggal 15 September 1965 di Sampit terbentuk badan penampung dan penyalur hasrat rakyat daerah Kotawaringin Timur (Kotim) dan Kotawaringin Barat (Kobar).

“Badan tersebut meminta kepada pemerintah Republik Indonesia supaya Kotim dan Kobar dijadikan satu provinsi tingkat I yang berotonomi penuh,” kata Suhartono Firdaus, Jumat 29 Januari 2021.

Sedangkan berbicara progres pemekaran saat ini pihaknya telah menyelesaikan semua kajian akedemik dan begitu juga dengan syarat untuk pengajuan provinsi sudah terpenuhi.

Ia menegaskan syarat utama dalam pemekaran provinsi adalah jumlah penduduk, terdiri dari lima kabupaten dan bagaimana kesiapan ekonomi daerah yang menjadi Provinsi baru.

“Kajian dan persyaratan sudah kita penuhi. Perhitungan ekonomi jika kami memisahkan diri juga sudah dilakukan kajian,” bebernya. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru