Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sorong Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua DPRD Kotim Sarankan Lulusan SMA Manfaatkan BLK untuk Tingkatkan Kemampuan

  • Oleh Naco
  • 30 Januari 2021 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Rinie Anderson menyarankan lulusan SMA di Kotim untuk meningkatkan kemampuan kerja. Salah satunya dengan memanfaatkan balai latihan kerja (BLK).

"Terutama kepada lulusan yang tidak melanjutkan ke bangku kuliah," kata Rinie, Sabtu, 30 Januari 2021.

Dia mengatakan, hal itu untuk menekan angka pengangguran. Sebab, pengangguran yang tinggi memengaruhi tingkat kriminalitas.

Pemkab Kotim sudah menyiapkan BLK untuk meningkatkan keterampilan mereka yang siap untuk terjun ke dunia kerja. Sekalipun mereka baru lulus SMA, paling tidak memiliki kemampuan dasar dalam bekerja.

"Kalau siswa lulusan SMK memiliki modal dasar, karena mereka sudah ada jurusan. Namun untuk siswa SMA hal ini perlu mengikuti latihan, jika memang tidak lanjut kuliah," ucap Rinie.

BLK wadah yang tepat untuk mereka menyiapkan keahliannya agar bisa membuka lapangan pekerjaan atau memenuhi kebutuhan kerja saat ini. Pelatihan meliputi montir motor, komputer, elektro, menjahit, tata boga, dan jurusan lainnya.

Kursus itu rutin dilakukan. Bahkan sudah banyak yang lulusan BLK membuka pekerjaan secara mandiri.

"Minimal lulusan SMA yang memiliki keahlian setelah kursus di BLK, dapat bekerja di bengkel atau perkantoran yang besar di Kotim," pungkasnya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru