Software Manajemen Relawan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKSDA dan OFI Juga Evakuasi Induk dan Bayi Orangutan di Jalan Jendral Sudirman Km 11 Sampit

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 01 Februari 2021 - 02:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Evakuasi orangutan tidak hanya dilakukan di Desa Lampuyang, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Namun juga di Jalan Jendral Sudirman Km 11, Sampit. 

Seekor bayi orangutan bersama induknya berhasil dievakuasi oleh tim WRU SKW II BKSDA Kalteng serta Yayasan Orangutan Fondation Internasional (OFI). 

"2 individu tersebut merupakan induk dan anak. Alhamdulilah keduanya berhasil dievakuasi," ujar Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit Muriansyah, Minggu, 31 Januari 2021. 

Evakuasi dilakukan sekitar pukul 13.00 WIB hingga 14.30 WIB. Pihaknya lebih dulu membius induk orangutan tersebut yang diperkirakan berumur 20 tahun, dengan berat 26 kilogram. 

Sedangkan anak orangutan jenis kelamin jantan, berumur 10 bulan, dan berat 3 kilogram. Kondisi kedua satwa dilindungi itu dalam keadaan sehat. 

"Alhamdulilah evakuasi berjalan aman dan lancar. Kami berterima kasih kepada masyarakat sekitar yang sudah membantu," kata Muriansyah. 

Dengan dievakuasinya 2 hewan dilindungi tersebut, maka pada hari yang sama, total ada 3 orangutan yang dievakuasi di Kotim. Sebab, satu di antaranya dievakuasi di Desa Lampuyang. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

Berita Terbaru