Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wakatobi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Beberapa Sungai di Barito Timur Meluap, BPBD Turunkan Tim

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 01 Februari 2021 - 14:55 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Beberapa sungai di Barito Timur mengalami peningkatan permukaan air atau meluap. Untuk mengantisipasi timbulnya korban, Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD menurunkan tim lapangan.

"Tim BPBD sekarang sedang mengarah ke lokasi untuk memantau peningkatan permukaan air," ujar Kepala Pelaksana BPBD dan Damkar Barito Timur, Riza Rahmadi di Tamiang Layang, Senin, 1 Februari 2021.

Dia menjelaskan, sungai yang mengalami peningkatan permukaan air yakni Sungai Kikis sehingga menggenangi Desa Pangkan, Paku Beto dan Desa Kalamus di Kecamatan Paku.

"Sungai Takuam di Desa Lenggang Kecamatan Raren Batuah dan Sungai Patangkep di Desa Bentot Kecamatan Patangkep Tutui juga meluap karena hujan deras sepanjang malam tadi," imbuh Riza.

Menurutnya, tim yang diterjunkan ke lapangan akan menginventarisir permasalahan yang harus ditanggulangi untuk mengurangi resiko yang ditimbulkan oleh luapan air sungai pada warga yang terdampak.


"Jadi nanti kalau ada warga yang harus dievakuasi, tim kita akan melakukan evakuasi, begitu juga jika dibutuhkan tenda pengungsian atau dapur umum kita akan mempersiapkan," jelas Riza.

Dia juga mengimbau agar warga yang tinggal dekat aliran sungai agar melakukan antisipasi dini guna mencegah timbulnya kerugian harta benda maupun korban jiwa akibat bencana banjir yang datang secara tiba-tiba. (BOLE MALO/B-7)

Berita Terbaru