Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menkeu Amerika-Ketua IMF Bahas Solusi Multilateral tentang Utang Ekonomi Global

  • Oleh ANTARA
  • 03 Februari 2021 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Washington  - Menteri Keuangan AS Janet Yellen dan ketua Dana Moneter Internasional (IMF) sepakat pada Selasa (2/2/2021) tentang perlunya solusi multilateral untuk mengatasi kerentanan utang dan masalah lain yang dihadapi ekonomi global, kata Departemen Keuangan.

Panggilan Yellen dengan Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva adalah yang terbaru dari serangkaian panggilan awal dengan pejabat-pejabat keuangan global top setelah menjabat minggu lalu.

“Menteri Yellen menyampaikan niatnya untuk bekerja sama dengan IMF mengenai prioritas untuk terus merespons pandemi COVID-19 secara efektif, menghidupkan kembali pertumbuhan ekonomi untuk mendukung pemulihan global yang kuat, memerangi ketidaksetaraan, dan secara paksa menangani ancaman perubahan iklim," kata Departemen Keuangan dalam sebuah pernyataan.

Georgieva, dalam sebuah cuitan, menggambarkan panggilan itu sebagai "hangat & produktif".

“Kami sepakat bahwa memerangi pandemi, meningkatkan pertumbuhan, memerangi ketidaksetaraan pendapatan, dan mengatasi perubahan iklim adalah prioritas utama, dan bahwa keterlibatan global untuk mendukung negara-negara berpenghasilan rendah itu penting,” tulis Georgieva di Twitter. “2021 adalah tahun aksi yang kritis!”

Tidak ada detil lebih lanjut yang tersedia saat ini.

Yellen berencana mempekerjakan David Lipton, seorang ekonom yang menjabat sebagai wakil Georgieva hingga Februari 2020, sebagai penasihat senior, enam sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan kepada Reuters pada Selasa (2/2/2021).

Lipton akan fokus pada peran AS dalam negara maju G7 dan G20 yang lebih besar dalam peran sementara, beberapa sumber mengatakan tanpa menyebut nama.

Pakar luar dan pejabat ekonomi global mengatakan mereka melihat konsensus yang berkembang tentang perlunya alokasi baru Hak Penarikan Khusus (Special Drawing Rights) IMF, sebuah langkah yang mirip dengan pencetakan uang bank sentral, yang diblokir oleh pendahulu Yellen, Steven Mnuchin.

Georgieva telah menyerukan langkah seperti itu di awal pandemi, tetapi pemerintahan Trump memblokirnya, dengan alasan itu akan memberikan sangat sedikit dana kepada negara-negara yang paling membutuhkannya karena hak penarikan didistribusikan sejalan dengan kepemilikan saham masing-masing negara.

Berita Terbaru