Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bitung Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bawaslu di Sidang MK Sebut Sudah Lakukan Koreksi dan Perbaikan

  • Oleh Naco
  • 03 Februari 2021 - 15:05 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kotawaringin Timur menyampaikan keterangan mereka atas keberatan permohonan pemohon, dalam hal ini pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur, M Rudini Darwan Ali-H Samsudin pada sidang Mahkamah Konstitusi (MK).

Komisioner Bawaslu Kabupaten Kotawaringin Timur, Salim Basaid yang hadir dalam sidang, Senin, 3 Februari 2021 menguraikan hasil pengawasan mereka dalam pokok perkara yang menjadi keberatan pemohon atas keputusan KPU yang dinilai sebagai kecurangan masif.

Berdasarkan hasil pengawasan Bawaslu sejak tanggal 14 Desember 2020 pada proses hasil rekapitulasi tingkat kabupaten, pemilihan di tingkat PPK atau kecamatan telah melakukan koreksi dan perbaikan pada formulir hasil dan adanya kekeliruan terhadap penggunaan jumlah hak pilih, data pemilih disabilitas, dan data penggunaan hak pilih suara. Terhadap hasil koreksi dan perbaikan tersebut, PPK melakukan perbaikan dan pencoretan yang selanjutnya diparaf oleh PPK dan saksi pasangan calon yang hadir.

"Bawaslu juga sudah ingatkan kepada KPU Kotim untuk mencatat formulir kejadian khusus dan atau keberatan apabila terdapat kejadian atau keberatan pada hasil rekapitulasi di tingkat kabupaten," kata Salim.

Selain itu, mereka juga sudah memasukan bukti-bukti pada masing-masing proses hasil rekapitulasi di tingkat kabupaten pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur.

Termasuk yang kini dipersoalkan pasangan Kotim Bercahaya di seluruh Kecamatan MB Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur dan ditingkat kelurahan Ketapang, MB Hilir, MB Hulu, Sawahan, dan Pasir Putih mereka jawab berdasarkan bukti-bukti mereka ajukan dalam jawaban permohonan tersebut. (NACO/B-7)

Berita Terbaru