Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BMKG Siap Berikan Informasi Bencana Hidrometeorologi untuk BPBD Barito Timur

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 03 Februari 2021 - 20:15 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - BMKG Stasiun Meteorologi Sanggu, Barito Selatan siap memberikan dukungan informasi bencana hidrometeorologi untuk BPBD dan Damkar Kabupaten Barito Timur.

Komitmen ini ditegaskan Kepala Stasiun Meteorologi Sanggu, Nur Setiawan saat berkunjung ke Kantor BPBD Damkar Barito Timur, Rabu, 3 Februari 2021.

Informasi terkait bencana hidrometeorologi tersebut berupa potensi terjadinya bencana yang dipengaruhi cuaca, antara lain banjir dan tanah longsor.

"Selama ini diseminasi (penyebaran informasi) kami terputus. Jadi dengan sudah terbentuknya BPBD di Barito Timur, kami berharap setiap informasi yang telah kami siapkan bisa sampai ke seluruh lapisan masyarakat,"  ujarnya.

Nur Setiawan menambahkan, informasi yang disampaikan bisa berupa potensi banjir, tanah longsor, angin kencang, angin puting beliung, curah hujan, maupun titik panas pada musim kemarau.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Damkar Barito Timur, Riza Rahmadi menambahkan, kunjungan Kepala Stasiun Meteorologi Sanggu tersebut merupakan koordinasi awal setelah BPBD Damkar terbentuk.

"Kami berharap BMKG dapat mendukung dengan data-data prakiraan cuaca, sehingga kami di BPBD sebagai simpul koordinasi dapat mengambil langkah-langkah penanggulangan bencana sesuai dengan informasi yang telah kami dapatkan," ujar Riza.

BPBD juga akan data tata batas yang terbaru untuk diserahkan ke BMKG sehingga pada saat merilis informasi nanti BMKG dapat memberikan data yang akurat. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru