Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bulungan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemekaran Provinsi Kotawaringin Berpotensi Sejahterakan Masyarakat

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 04 Februari 2021 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Wacana pemekaran Provinsi Kotawaringin dari Kalimantan Tengah (Kalteng) dinilai dapat mempercepat perkembangan perekonomian daerah.

Terkait itu, Sekertaris Dinas Sosial (Dinsos) Kalteng, Budi Santoso turut berbagi cerita dari pengalamannya melihat salah satu daerah yang dimekarkan di Kalteng.

Dia bahkan melihat pemekaran Kotawaringin memiliki potensi mempercepat penguatan kesejahtraan masyarakat.

“Dilihat dari manapun pemekaran Kotawaringin akan memiliki dampak positif,” ungkap Budi Santoso di kantornya, Kamis 4 Februari 2021.

Menurut Budi, pemekaran provinsi tak ubahnya seperti pemekaran kabupaten. Provinsi baru nantinya tidak akan langsung dilepas tetapi masih disuplai untuk sementara waktu.

Ia mencontohkan seperti halnya Tjilik Riwut yang berusaha memekarkan Kalimantan Tengah (Kalteng) dari Kalimantan Selatan (Kalsel). Kalteng akhirnya dapat berkembang dengan baik.

“Contoh kecil lain seperti Kabupaten Gunung Mas yang sekarang sudah cukup bagus infrastrukturnya. Bayangkan saja jika tidak dimekarkan, akses jalan ke sana saja mungkin tidak ada. Saya dulu kalau ke sana harus lewat air,” tuturnya. (HERMAWAN DP/B-11)

Berita Terbaru