Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Binjai   Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komisi III DPR Apresiasi Presiden Jokowi Cepat Tangani Banjir Kalsel

  • Oleh ANTARA
  • 04 Februari 2021 - 23:41 WIB

BORNEONEWS, Martapura - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Pangeran Khairul Saleh mengapresiasi Presiden Joko Widodo yang cepat dalam penanganan bencana banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Alhamdulillah Presiden sudah meninjau dan telah mengambil langkah-langkah untuk membantu pemerintah daerah dalam penanggulangan banjir," katanya, Kamis 4 Februari 2021.

Komitmen pemerintah dalam perbaikan infrastruktur yang rusak terdampak banjir pun dinilai Khairul Saleh jelas terlihat.

Melalui Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Mochamad Basoeki Hadimoeljono dan instansi terkait lainnya, segala perbaikan mulai jembatan, jalan, rumah sakit hingga sekolah.

"Insya Allah negara hadir untuk rakyat Kalimantan Selatan yang kini diuji cobaan banjir. DPR tentunya mengawal dan mendorong agar pemerintah benar-benar telah bekerja membantu masyarakat," tutur wakil rakyat dari daerah pemilihan Kalimantan Selatan I itu.

Terkait bencana banjir dahsyat yang menerjang Bumi Lambung Mangkurat, menurut Khairul Saleh banyak faktor penyebabnya.

Selain faktor kesalahan manusia hingga berdampak pada lingkungan seperti tata kelola pertambangan, kehutanan hingga perkebunan, faktor alam juga tak bisa dihindari yaitu hujan dengan intensitas tinggi.

"Sedangkan sungai di sini mungkin sudah dangkal jadi tidak bisa menampung air hujan ekstrem. Demikian juga air laut tinggi," papar Sultan Banjar itu.

Sebagai wujud empati atas musibah yang terjadi, Komisi III DPR pun membagikan 2.000 paket sembako untuk korban terdampak banjir di tiga wilayah yaitu Kabupaten Banjar, Kabupaten Barito Kuala dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Khairul Saleh dan rombongan yang dikawal langsung Kapolda Kalsel Irjen Rikwanto menyusuri Sungai Martapura menggunakan perahu karet menyalurkan bantuan ke Kecamatan Sungai Tabuk dan Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar.

Air masih menggenang terutama rumah di bantaran sungai dan area sekitar persawahan. Sebagai mantan Bupati Banjar, Khairul Saleh hanya berpesan satu hal kepada masyarakat yaitu untuk menjaga kesehatan karena menurutnya yang penting saat ini kondisi badan sehat dulu dan tetap mematuhi protokol kesehatan mencegah penyebaran COVID-19.

ANTARA

Berita Terbaru