Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Belitung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjarmasin Teruskan Status Tanggap Darurat Banjir Hingga 11 Februari

  • Oleh ANTARA
  • 05 Februari 2021 - 02:00 WIB

BORNEONEWS, Banjarmasin - Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan meneruskan kondisi status tanggap darurat bencana banjir dan air pasang hingga 11 Februari 2021.

"Ya, status tanggap darurat bencana banjir dan air pasang diperpanjang lagi satu minggu," ujar Plt Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Kota Banjarmasin, Yusna Irawan, Kamis 4 Februari 2021.

Keputusan memperpanjang status itu karena masih ada wilayah di Banjarmasin Timur dan Banjarmasin Selatan yang banjir atau tergenang air.

Karena dampak banjir belum berakhir semua, lanjut dia, pemerintah kota memutuskan akan terus memberikan perhatian bagi warga yang terdampak banjir tersebut dengan mendistribusikan bantuan pangan dan kebutuhan dasar lainnya.

"Masih ada yang mengungsi di dua kecamatan itu, hingga bantuan terus dialirkan ke sana," papar Yusna.

Dia mengatakan pengungsi akibat banjir yang sudah terjadi sejak 14 Januari hingga pada 15 Januari ditetapkan status tanggap darurat banjir dan air pasang tersebut tidak hanya dari kota ini, tapi juga dari daerah tetangga, seperti Kabupaten Banjar dan Barito Kuala.

Saat ini kedalaman air di titik banjir menang sudah surut, upaya melakukan pemulihan dini pasca banjir. "Setelah ini dan kondisinya mulai normal, kita akan masuk ke kondisi rencana pemulihan dini. Ini bagian rencana dari rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, banjir besar melanda Kota Banjarmasin sejak 14 Januari, tiga kecamatan yang terdampak berat, yakni, Banjarmasin Timur, Selatan dan Utara, sekitar 100 ribu lebih warga terdampak.

ANTARA

Berita Terbaru