Sistem Informasi Pemetaan & Manajemen Pemenangan Pilkada

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puskesmas Menteng Terima Dua Laporan Efek Samping Vaksin Covid-19

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 08 Februari 2021 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Tercatat selama melayani vaksinasi Covid-19 untuk tenaga kesehatan, ada dua orang yang menunjukan gejala efek samping atau kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI).

“Laporan ke saya ada dua orang yang mengalami efek samping, semuanya pegawai Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palangka Raya,” sebut Pemegang Program Imunisasi Puskesmas Menteng, Nana Susnati, Senin, 8 Februari 2021.

Nana menuturkan, satu orang melaporkan merasa deman pada malam hari setelah dilakukan vaksinasi. Namun sembuh dalam waktu dua hari setelahnya.

“Karena dia orang kesehatan juga, dia minum parasetamol 2 hari sudah sehat,” ungkap Nana.

Sedangkan laporan kedua, lanjut Nana, mengalami alergi obat dan mengalami sedikit bengkak di kedua matanya serta sedikit sesak napas ketika sudah pulang. 

Namun juga berangsur ansur membaik karena berdasarkan keterangna yang bersangkutan memang sering alergi jika salah meminum obat antibiotik.

"Semuanya tidak ada yang serius selama ini. Jikapun ada yang serius itu biasanya terjadi dalam rentang waktu 30 menit setelah disuntik. Makanya tidak boleh pulang dulu dalam 30 menit itu," tandasnya. (HERMAWAN DP/B-7)

Berita Terbaru