Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Jembrana Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Atal S Depari: Pers dan Media Sedang Sakit saat Pandemi Covid-19

  • Oleh Uriutu
  • 09 Februari 2021 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Ketua PWI Pusat, Atal S Depari, menyebutkan dimasa pandemi covid-19, pers dan media di tanah air sedang sakit. Hal tersebut disampaikannya dalam sambutan pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke-75 di Istana Negara.

Atal S Depari menyebutkan, pers sebagai mulut, mata, telinga, otak, hati dan jiwa bangsanya. Namun, di tengah pendemi covid-19, komitmen itu semakin relevan.

“Tidak hanya jiwa raga, negara, bangsa dan masyarakat yang sakit. Namun, pers dan media di tanah air juga sedang sakit,” kata Atal S Depari.

Meski demikian, pers dan media dituntut oleh tugas kemanusiannya menjadi jembatan komunikasi dan informasi bagi masyarakat luas.

Selain itu, krisis ekonomi akibat pandemi telah mengakibatkan peforma industri media menurun. Ada perusahaan pada akhirnya terpaksa mem-PHK karyawannya, tak sedikit juga media gulung tikar.

Ia membeberkan, ada yang menyambung hidup dari idealismenya, pindah ke online sambil belajar beradaptasi. Bila krisis kesehatan dan ekonomi ini tidak segera berlalu, sejumlah media diperkirakan hanya akan mampu bertahan hanya dalam hitungan bulan.

“Oleh karena itu, kita memohon kepada bapak Presiden agar insentif ekonomi untuk industri pers nasional yang pernah dijanjikan pemerintah dapat segera diwujudkan,” ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-11)

Berita Terbaru