Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ketapang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Timur Sampaikan Arahan Secara Virtual dalam Musrenbang Kecamatan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 09 Februari 2021 - 21:55 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas menyampaikan pokok-pokok arahan dalam musrenbang kecamatan Awang, Selasa, 9 Februari 2021.

Mengawali penyampaian arahannya, Ampera mengungkapkan, musrenbang kecamatan tahun ini dilaksanakan tidak seperti sebelumnya. Hal ini dimaksudkan untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19.

"Yang salah satunya adalah mengurangi atau bahkan menghindari kerumunan demi mengurangi potensi penularan covid-19 serta juga rajin mencuci tangan dan memakai masker setiap beraktivitas," ujar Ampera dari rumah jabatannya.

Menurutnya, Musrenbang dilaksanakan untuk mengakomodir aspirasi dari masyarakat, dimana hasil dari Musrenbang nantinya diharapkan dapat mengakomodasi sebagian besar usulan masyarakat secara bertahap dan berkesinambungan, yang selanjutnya akan tertuang di dalam Renja SOPD Tahun 2022.

"Untuk pelaksanaan Musrenbang tahun anggaran 2021, sudah menggunakan aplikasi e-Musrenbang, dimana seluruh kecamatan akan menginput hasil Musrenbang desa secara online maupun offline," jelasnya.

Dengan cara seperti itu, lanjut Ampera, ke depannya usulan musrenbang desa maupun kecamatan yang tidak terakomodir, tidak hilang begitu saja. Melainkan ada dalam daftar prioritas dan daftar tunggu untuk program selanjutnya.

Dia berharap, penyelenggaraan Musrenbang dan sistem perencanaan pembangunan pada tahun-tahun yang akan datang semakin disempurnakan, dengan melibatkan unsur-unsur pengambil kebijakan seperti dinas, badan, unit satuan kerja, dan DPRD.

"Hal ini dimaksudkan agar kita dapat mengetahui secara jelas apa yang menjadi prioritas pembangunan sesuai dengan kebutuhan pembangunan untuk masing-masing wilayah desa atau kelurahan dan kecamatan sesuai dengan kemampuan dan ketersediaan keuangan daerah yang ada," jelasnya.

Musrenbang pada 10 kecamatan yang ada di Barito Timur dilaksanakan mulai tanggal 8 - 23 Februari 2021. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru