Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rokan Hilir Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Prioritas Pembangunan Tahun 2022 di Barito Timur

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 10 Februari 2021 - 04:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas mengungkapkan, khusus untuk program dan kegiatan pembangunan tahun 2022 yang dibahas bersama dalam musrenbang kecamatan, tetap mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah atau RPJMD 2018 - 2023.

"Yaitu diprioritaskan pada pembangunan infrastruktur, pembangunan SDM dan peningkatan perekonomian masyarakat berbasis pembangunan ekonomi kerakyatan, sesuai dengan tema pembangunan Tahun 2022 yaitu peningkatan daya saing daerah dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan," kata Ampera AY Mebas saat menyampaikan pokok-pokok arahan secara virtual pada musrenbang Kecamatan Awang, Selasa, 9 Februari 2021.

Adapun sasaran yang ingin dicapai tahun 2022, yaitu, meningkatkan daya saing ekonomi unggulan daerah, meningkatkan daya tarik pariwisata daerah, meningkatkan pemerataan pendapatan masyarakat, meningkatkan investasi daerah dalam mengurangi pengangguran, meningkatkan pemenuhan kebutuhan infrastruktur dasar masyarakat serta meningkatkan kualitas pengelolaan lingkungan hidup.

"Sedangkan arah kebijakan tahun 2022 adalah pengembangan usaha pertanian, peningkatan produktivitas sektor perikanan, penumbuhan industri kecil dan menengah, pengembangan kawasan industri potensial, pengembangan infrastruktur dan akomodasi wisata desa atau kelurahan," katanya.

"Peningkatan pengelolaan objek wisata, optimalisasi sinergitas lintas sektoral dalam bidang kepariwisataan, peningkatan peranan koperasi dalam mendukung usaha masyarakat, peningkatan akses permodalan bagi masyarakat, optimalisasi akses permodalan bagi wirausaha," sambung Ampera.

Selanjutnya, peningkatan daya tarik investasi daerah, penciptaan lapangan kerja melalui bantuan modal usaha, peningkatan sarana dan prasarana perhubungan, peningkatan aksesibilitas antar wilayah desa dan kecamatan, penanganan persampahan tepat guna dan berwawasan lingkungan, penerapan sistem pengawasan secara konsisten terhadap kerusakan lingkungan hidup dan pembangunan fasilitas ruang terbuka publik yang representatif.

Dia mengharapkan usulan yang disampaikan dalam musrenbang tingkat kecamatan merupakan percepatan untuk mencapai tema pembangunan tersebut.

"Semoga apa yang kita laksanakan saat ini dapat bermanfaat untuk kemajuan Kabupaten Barito Timur," tandasnya. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru