Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Saka Lagun Miliki Potensi Pembudidayaan Buah Semangka

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 10 Februari 2021 - 11:16 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Desa Saka Lagun, Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas memiliki potensi pembudidayaan buah semangka yang cukup menjanjikan.

Kepala Desa Saka Lagun, Julkipli mengatakan perkembangan perkebunan buah semangka, ada beberapa lokasi lahan, yaitu pada RT 7 dan RT 8, Desa Saka Lagun.

“Di sana terdapat lahan tadah hujan yang setiap tahun mengembangkan budidaya berupa tanaman buah semangka, yang saat ini sedang panen berada di Rt 7 setiap tahunnya mengembangkan budi daya tersebut,” kata Julkipli, Rabu 10 Februari 2021.

Dia menuturkan pengembangan perkebunan semangka di Desa Saka Lagun ini sesuai dengan arahan Bupati Kapuas, yang menilai bahwa semangka juga merupakan potensi yang sangat baik, sehingga harus dikembangkan.

"Untuk sekali panen dapat menghasilkan hampir 5 ton semangka dengan berat buah paling besar yaitu 8 sampai 12 kilogram. Untuk pemasaran dikirimkan dan dijual ke wilayah Kapuas, Kota Palangka Raya serta Banjarmasin," tuturnya.

Lalu tahun ini dia menyebutkan akan ada pengembangan perkebunan semangka dari Pemerintah Daerah melalui Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas.

Dengan adanya rencana bantuan dari pemerintah tersebut, pihaknya akan berkoordinasi secara langsung tentang rencana tersebut bersama dengan warga, mengenai tempat lahan lokasi yang akan digunakan untuk tempat penanaman.

“Desa Saka Lagun dengan potensi perkebunan semangka yang baik serta warga yang sangat antusias dengan keadaan lokasi wilayah yang tepat, telah setiap tahun menghasilkan semangka," ucapnya.

Dengan adanya dukungan pemerintah daerah diharapkannya dapat meningkatkan hasil ataupun produksi perkebunan semangka, sehingga membuat warga semakin lebih giat lagi. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru