Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanah Bumbu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polsek Pangkalan Banteng Tegur Masyarakat Tidak Taat Prokes

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 10 Februari 2021 - 20:15 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Operasi Yustisi penegakan disiplin penerapan protokol kesehatan (prokes) terus diintensifkan, terutama di desa-desa wilayah Kecamatan Pangkalan Banteng. Hal ini dilakukan mengingat penegakan disiplin ini dinilai efektif menurunkan angka penyebaran Covid-19.

Tim Yustisi yang terdiri atas berbagai elemen termasuk TNI dan Polri diminta untuk lebih menggiatkan operasi gabungan di desa-desa. 

Dalam kesempatan kali ini, Polsek Pangkalan Banteng menyisir sejumlah kawasan untuk memastikan warga disiplin protokol kesehatan. Saat melakukan patroli, masih ditemukan warga belum disiplin protokol kesehatan yaitu tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

"Saat di lapangan personel masih menemukan warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan, kami sebagai unsur 3 pilar langsung lakukan teguran kepada warga yang tidak tertib prokes, agar menggunakan masker," kata Ipda Rino, Kapolsek Pangkalan Banteng, Rabu, 10 Februari 2021.

Ipda Rino mengungkapkan, arah kebijakannya sudah sangat jelas. Termasuk kegiatan adat yang bersifat mengumpulkan keramaian bisa dikurangi.

Bahkan, lanjut Rino, segala upaya yang dilakukan bermuara pada kepentingan masyarakat sendiri. Ada bukti empiris bahwa kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan mengurangi angka penyebaran di Kecamatan Pangkalan Banteng.

"Untuk itu, dalam setiap kesempatan saat dilakukan Operasi Yustisi, kami sebagai unsur 3 pilar melakukan teguran dan kami tak segan memberikan sanksi sosial berupa menyapu lingkungan sekitar, biar ada efek jera bagi mereka yang lalai terhadap kesehatan," tutur Rino.(DANANG/B-7)

Berita Terbaru