Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cadangan Pangan Adalah Factor Effect Deterrent bagi Pertahanan Bangsa

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 11 Februari 2021 - 16:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Sekertaris Daerah (Sekda) Kalimantan Tengah (Kalteng), Fahrizal Fitri menilai ketahanan pangan memiliki arti penting dalam menjaga dan menjamin pertahanan dan keamanan negara.

“Cadangan makanan menjadi factor effect deterrent bagi pertahanan, karena kekuatan cadangan makanan menentukan survival negara dalam menghadapi ancaman,” kata Fahrizal Fitri melalui rilis tertulisnya setelah rapat virtual melalui video conference bersama kementrian pertahanan dan pihak terkait, Kamis 11 Februari 2021.

Fahrizal menjelaskan acaman tersebut meliputi berbagai hal, baik ancaman peperangan, wabah penyakit, dan bencana alam yang berkepanjangan serta ancaman embargo negara lain.

Ia mengingatkan potensi pangan tidak hanya dalam bentuk beras, tetapi juga bisa dalam bentuk makanan pokok lainnya yang bisa dikembangkan di Kalteng.

“Jangan pernah berpikir kalau pangan itu hanya beras saja, karena masih banyak subtitusi lain misalnya jagung dan singkong,” imbuhnya.

Fahrizal menyambut baik program ketahanan pangan nasional yang akhirnya diamanatkan oleh presiden RI di wilayah Kalteng. 

"Kita semua mengetahui bersama bahwa presiden RI telah memberikan mandat kepada Kementerian Pertahanan RI untuk mengembangkan cadangan pangan nasional di Indonesia,” ucap Fahrizal Fitri. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru