Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Balikpapan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Damang Se-Kabupaten Seruyan Berikan Gelar Adat Untuk Kapolda Kalteng

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 11 Februari 2021 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang – Kapolda Kalteng Irjen Pol Dr. Dedi Prasetyo diberikan gelar adat oleh Damang se-Kabupaten Seruyan. Gelar tersebut diterima pada momen kunjungan kerja di kabupaten setempat untuk melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan di Polres Seruyan.

Pada kunjungan untuk pertama kalinya di Polres Seruyan ini, Damang Kepala Adat se-Kabupaten Seruyan, menganugerahi atau memberikan gelar adat Dayak.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dr. Dedi Prasetyo, menerima gelar adat “Temanggung Pagun Penjaga Bulau Hambaruan Pandehen Penyang Hinje Simpei”.

Pemberian gelar adat ini, ditandai dengan pemasangan pakaian adat oleh Bupati Seruyan Yulhaidir, yang juga Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Seruyan.

Damang Seruyan Hilir dan Seruyan Hilir Timur, Ramses Tundan mengatakan  “Temanggung Pagun Penjaga Bulau Hambaruan Pandehen Penyang Hinje Simpei” memiliki makna.

Yakni Temanggung Pagun adalah seorang pemimpin yang menjaga emas (Bulau) sebagai lambang sumber kekuatan yang dirajut dalam satu kesatuan ikatan tali temali (Hinje Simpei) untuk melawan hal-hal yang ingin berbuat jahat. (FAHRUL/B-7)

Berita Terbaru