Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pelalawan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Beredar Video WNA Asal Tiongkok Menambag Emas di Desa Sambi

  • Oleh Tim Borneonews
  • 11 Februari 2021 - 16:05 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Belakangan ini beredar video di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) yang menyebutkan adanya aktivitas warna negara asing (WNA) asal Tiongkok yang melakukan kegiatan penambangan emas di Desa Sambi, Kecamatan Arut Utara (Aruta).

Dalam video berdurasi 1 menit 47 detik disebutkan bahwa lokasi video tersebut diambil di Desa Sambi. Dari gambar ini memperlihatkan hasil tambang yang sudah dimasukkan dalam tumpukan karung.

Bahkan, seiring dengan beredarnya video tersebut juga berkembang kabar adanya penangkapan WNA dari Tiongkok oleh aparat kepolisian.

Salah seorang pekerja tambang di Desa Sambi yang tidak bersedia menyebutkan namanya mengatakan, aparat kepolisian juga telah menangkap 4 WNA tersebut.

"Penangkapan 4 WNA berawal dari adanya 15 warga penambang lokal terjaring razia polisi," katanya.

Kemudian warga tersebut melanjutkan ceritanya, "Kenapa hanya mereka yang ditangkap. Karena di sekitar tempat kami menambang juga ada orang asing yang melakukan aktivitas penambangan emas menggunakan alat berat. Kenapa tidak dirazia," sambungnya.

Berawal dari situlah selanjutnya informasinya polisi meminta satu dari 15 penambang lokal yang terjaring razia untuk menunjukkan lokasi aktivitas WNA tersebut.

Menurut penambang itu, polisi kemudian mengamankan alat-alat yang digunakan 4 WNA untuk melakukan aktivitasnya.

"Di antaranya yang diamankan adalah detektor logam, excavator 3 unit dan loader 1 unit. Sepengetahuan kami alat milik WNA tersebut sudah diamankan polisi," jelasnya.

Namun saat hal ini dikonfirmasikan pada Camat Aruta Muhamad Ikhsan, Kamis, 11 Februari 2021, ia tidak bisa memastikan bahwa video yang beredar tersebut berasal dari Kecamatan Aruta.

Berita Terbaru