Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Barru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Revitalisasi Tiga Huma Betang di Kalteng Telan Biaya Rp 3,5 Miliar

  • Oleh Donny Damara
  • 13 Februari 2021 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Adanya permintaan untuk merevitalisasi tiga huma bertang yang ada di Kalteng beberapa waktu lalu, kini tinggal menunggu realisasinya saja.

Ketiga huma betang yang akan direvitalisasi tersebut yakni, Huma Betang Antang Kalang di Tumbang Gagu, Huma Betang Tumbang Malahoi dan Huma Betang Tumbang Korik.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Siti Nafsiah mengatakan, revitasisasi ketiga huma betang tersebut menelan biaya sebesar Rp 3,5 miliar.

"Kita bersama pemprov telah setuju untuk melakukan revitasasi ketiga huma betang itu. Adapun dana yang akan digunakan menggunakan dana aspirasi sebesar Rp 3,5 miliar," ungkapnya, Sabtu, 13 Februari 2021.

Dia menuturkan, revitalisasi ketiga huma betang tersebut akan direalisasikan pada tahun 2021. Revitalisasi dilakukan karena melihat dari berbagai pertimbangan yang ada.

Diterangkannya, kondisi fisik ketiga huma betang tersebut memang memprihatinkan, sehingga sudah saatnya membutuhkan revitalisasi.

"Revitalisasi sangat penting bagi cagar budaya yang ada di Kalteng ini. Sebab, ini merupakan peninggalan bersejarah yang harus dirawat dan dilestarikan," tuturnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru