Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumba Timur Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator: Selain Sarpras, Dana Desa Bisa Untuk Tingkatkan Kualitas SDM

  • Oleh Donny Damara
  • 13 Februari 2021 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekretaris Komisi III DPRD Kalteng, Kuwu Senilawati menyarankan, selain melengkapi sarana dan prasarana (Sarpras), dana desa juga bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas SDM yang ada.

Menururnya, peningkatan Sarpras di desa memang sangat penting. Namun, jangan sampai melupakan kualitas SDM yang ada di desa itu. Sebab, hal ini sangat berguna bagi peningkatan ekonomi masyarakat.

"Seperti contohnya dana desa digunakan untuk menggelar pelatihan keterampilan bagi masyarakat, seperti membantu anak-anak yang putus sekolah supaya bisa mengikuti jalur paket A, B, atau C," kata Kuwu, Sabtu, 13 Februari 2021.

Dijelaskannya, dengan upaya tersebut, maka kualitas SDM yang ada di desa bisa bersaing dengan masyarakat yang ada di daerah lainnya, dalam hal menghasilkan produk unggulan maupun dalam mencari pekerjaan.

Dikatakannya bahwa penggunaan dana desa dengan maksimal maka akan dapat menciptakan suatu desa yang mandiri, sehingga kesejahteraan masyarakat bisa meningkat.

"Program yang dapat menyasar atau membuka pola pikir masyarakat saya rasa sangat penting dan berguna, sebab hal itu akan berdampak positif bagi kemajuan desa itu sindiri," tandasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru