Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumba Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Gunung Mas Diminta Berhati-hati Terhadap Informasi di Medsos

  • Oleh Magang 1
  • 14 Februari 2021 - 02:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Gunung Mas, Poppy Oktovery mengimbau masyarakat di kabupaten itu agar lebih selektif dalam mencari referensi berbagai informasi serta cerdas dalam memahami berbagai pemberitaan.

“Masyarakat selaku pembaca harus bersikap dewasa saat menemukan berita atau informasi di internet dan jangan langsung percaya apalagi disebarluaskan. Terlebih apabila berita itu sifatnya berpotensi memecah belah persatuan bangsa,” ujar Poppy, Sabtu 13 Februari 2021.

Disamping itu, masyarakat juga dituntut mengetahui perbedaan antara karya jurnalistik atau bukan. Sebab, tidak semua berita yang tersebar di internet adalah karya jurnalistik.

Jika mengacu pada kaidah dan etika jurnalistik, maka setiap pemberitaan yang diterbitkan perusahaan pers pasti mampu dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Berbeda dengan tulisan yang menjurus pada opini pribadi maupun berita palsu, ini memang sengaja disebar untuk menimbulkan keresahan dan tujuan negatif lain.

Jika informasi dalam suatu pemberitaan faktual, maka penulis wajib melampirkan berbagai jenis bukti, baik itu foto atau gambar, rekaman suara, video atau visual pada setiap pemberitaannya.

“Satu hal yang wajib dalam karya jurnalistik, yaitu harus mencantumkan identitas narasumber. Jika menemukan berita tanpa identitas narasumber yang jelas, maka pembaca patut waspada,” tukasnya. (MAGANG/B-7)

Berita Terbaru