Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanjung Jabung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kiat Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan di Lingkungan Sekolah

  • Oleh ANTARA
  • 16 Februari 2021 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Semarang  - Masyarakat dunia, termasuk rakyat Indonesia, mau tidak mau harus menyesuaikan diri di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Apalagi, wabah ini belum ada yang bisa memastikan kapan berakhirnya.

Bahkan, berdasarkan data news.google.com yang diakses pada hari Selasa (16/2) dini hari, wabah yang melanda dunia hampir setahun ini menyebabkan 108.840.449 juta orang terpapar COVID-19 dengan korban meninggal 2.400.456 orang.

Sementara itu, situasi COVID-19 di Tanah Air yang disampaikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) via grup WhatsApp Medkom Bencana pada tanggal 15 Februari 2021 pukul 14.00 tercatat 1.223.930 kasus konfirmasi, 1.032.065 orang dinyatakan sembuh, dan 33.367 orang meninggal dunia.

Tidak hanya menimbulkan korban jiwa, wabah ini juga mengganggu semua lini kehidupan, termasuk di dunia pendidikan. Kendati demikian, jangan sampai mengganggu proses belajar mengajar.

Sejak bangsa ini dilanda bencana nonalam itu, keberlangsungan pendidikan di sejumlah daerah tetap berjalan dengan bantuan teknologi. Namun, tidak semua sekolah di Nusantara ini bisa menerapkan pembelajaran secara daring (online).

Karena keterbatasan akses internet, ditambah lagi tidak semua orang tua siswa mampu membeli telepon seluler (ponsel) bagi anak mereka, terpaksa sekolah melakukan pembelajaran tatap muka di tengah pandemi.

Di lain pihak, sekolah yang sudah melakukan pembelajaran jarak jauh secara daring masih ada di antara orang tua siswa yang menilai belum optimal.

Penanaman Disiplin
Kendati demikian, jangan mudah menyerah dengan keadaan karena masih banyak cara untuk mengatasinya, antara lain penanaman disiplin protokol kesehatan kepada siswa/siswi di sekolah.

Dalam hal ini, perlu peran serta pemangku kepentingan internal pendidikan, mulai dari guru, staf administrasi sekolah, siswa, hingga orang tua murid.

Berita Terbaru