Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Metro Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tujuh Polres di Polda Kalsel Terima Penghargaan Pelayanan Sangat Baik

  • Oleh ANTARA
  • 17 Februari 2021 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Sebanyak tujuh Polres di jajaran Polda Kalimantan Selatan menerima penghargaan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dalam kategori pelayanan sangat baik di tahun 2020.

"Alhamdulilah tahun ini cukup banyak Polres jajaran di Polda Kalsel berkategori pelayanan sangat baik, ini prestasi yang harus dipertahankan dan ditingkatkan," ucap  Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto di Banjarmasin, Selasa.

Adapun satuan kewilayahan yang mendapatkan penghargaan itu, yakni Polresta Banjarmasin, Polres Banjarbaru, Polres Banjar, Polres Tapin, Polres Hulu Sungai Selatan, Polres Tanah Laut dan Polres Kotabaru.

Secara nasional, ada 40 satuan kewilayahan yang mendapatkannya dalam penghargaan pelayanan publik lingkup Polres/Polresta/Polrestabes/Polres Metro tahun ini.

"Jadi ini hasil evaluasi dari tim Kemenpan-RB di tahun 2020 yang mengadakan kuesioner secara elektronik hingga observasi lapangan untuk melihat langsung apa saja inovasi untuk pelayanan yang lebih baik khususnya dalam bidang pembuatan SIM dan SKCK," jelas Kapolda.

Kepada yang telah mendapatkan penghargaan, Rikwanto mengucapkan selamat dan berharap dapat semakin ditingkatkan menuju pelayanan prima yang tahun ini berhasil diperoleh 11 satuan kewilayahan yaitu Polrestabes Bandung, Polrestabes Surabaya, Polresta Banyuwangi, Polresta Cirebon, Polresta Malang Kota, Polresta Pekanbaru, Polresta Sidoarjo, Polres Gresik, Polres Kulonprogo, Polres Malang dan Polres Sleman.

Sedangkan bagi yang belum mendapatkan penghargaan, Rikwanto meminta segera melakukan evaluasi untuk meniru yang sudah berhasil dalam perbaikan sistem pelayanan yang lebih baik dengan tujuan semakin memudahkan masyarakat.

"Indikatornya kan sudah ada yaitu enam aspek penilaian. Jadi semuanya itu harus dipenuhi dan dipastikan telah dilakukan, dimana salah satu indikator keberhasilannya adalah kepuasan dari masyarakat tanpa adanya keluhan," tandas Kapolda.

Penyerahan penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi itu dilaksanakan pada hari ini di Mabes Polri dan diikuti secara virtual oleh jajaran Polda seluruh Indonesia.

ANTARA

Berita Terbaru