Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toraja Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Besok, Cuaca Ekstrem Berpotensi Landa 8 Kecamatan di Barito Timur

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 17 Februari 2021 - 11:05 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Sebanyak 8 kecamatan di Kabupaten Barito Timur berpotensi dilanda cuaca ekstrem pada Kamis, 18 Februari 2021, besok.

Kepala Stasiun Meteorologi Sanggu Barito Selatan, Nur Setiawan, saat dihubungi Borneonews menjelaskan, potensi cuaca ekstrem yang dimaksud yakni prakiraan hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang.

"Kecamatan yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem yakni Benua Lima, Paju Epat, Patangkep Tutui, Awang, Paku, Dusun Timur, Karusen Janang, dan Pematang Karau," kata Nur Setiawan, Rabu, 17 Februari 2021.

Meski demikian, Nur Setiawan mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan waspada serta selalu bertukar informasi ketika terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat mengakibatkan jalan licin atau jarak pandang berkurang maupun yang mengakibatkan genangan atau banjir sehingga mengganggu aktivitas masyarakat.

Terakit itu, Kepala Pelaksana BPBD Damkar Kabupaten Barito Timur, Riza Rahmadi, juga mengimbau masyarakat terutama yang berada di wilayah rawan banjir agar selalu waspada.

"Masyarakat harus selalu berjaga-jaga dan melakukan upaya untuk menghindari resiko kerugian harta benda maupun korban jiwa akibat banjir," pesan Riza.

Menurut data BPBD, beberapa desa rawan banjir yakni Desa Bentot, Ramania dan Pulau Padang di Kecamatan Patangkep Tutui, Desa Tangkan dan Hayaping di Kecamatan Awang, Desa Paku Beto dan Kalamus di Kecamatan Paku, serta Desa Jihi, Ketab, dan Pinang Tunggal di Kecamatan Pematang Karau. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru