Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mojokerto Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BBM Tumpah ke Sungai Mentaya, KSOP Sampit Beri Surat Teguran kepada Operator dan Kapal Tanker

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 17 Februari 2021 - 17:26 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Menindaklanjuti tumpahnya Bahan Bakar Minyak (BBM) dari sebuah kapal tanker yang tambat di Terminal BBM Pertamina Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, pihak Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sampit memberikan teguran kepada operator dan kapal. 

"Kami akan berikan surat teguran kepada pihak operator dan kapal tersebut," ujar Kepala Seksi (Kasi) Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli KSOP Sampit, Baslan Damang, Rabu 17 Februari 2021. 

Saat ini pihaknya masih dalam tahap pemanggilan dan memintai keterangan terhadap pihak kapal. Peninjauan lokasi juga dilakukan, guna mengarahkan pihak Pertamina dalam penanggulangan tumpahan BBM.

"Saat ini masih dalam penanganan dan informasi selanjutnya akan dikabarkan lagi," terangnya. Sementara itu Selasa, 16 Februari 2021, BBM tumpah ke Sungai Mentaya.

Hal itu terjadi saat pihak kapal melaksanakan pengisian BBM dari tangki utama ke tangki harian. Saat itu pengisian penuh, sehingga meluber ke Sungai Mentaya. 

Jumlah BBM yang meluber mencapai 500 liter, namun bisa terselamatkan 300 liter dan sisanya mencemari Sungai Mentaya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru