Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SSMS Akui Sertifikasi Tahap Dua Alami Cukup Banyak Tantangan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 18 Februari 2021 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Program Sertifikasi Keberhasilan untuk mendapatkan sertifikat kelapa sawit berkelanjutan RSPO di tahun 2019 telah didapatkan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Mandiri atau APKSM binaan Sawit Sumbermas Sarana atau SSMS.

Mengomentari keberhasilan tersebut, Direktur Utama SSMS, Vallauthan Subraminam mengatakan bahwa harus diakui sertifikasi tahap dua ini mengalami cukup banyak tantangan.

"Sertifikasi tahap kedua ini menghadapi cukup banyak tantangan, terlebih saat ini sedang di masa pandemi. Hal ini berimbas dengan adanya pembatasan dalam kegiatan yang berkaitan dengan pengumpulan masyarakat dengan jumlah yang banyak, contohnya seperti kegiatan sosialisasi dan pelatihan kepada calon anggota baru," kata Vallauthan pada Kamis, 18 Februari 2021.

Meskipun demikian, hal tersebut tidak menyulutkan semangat dan kerjasama antara tim pendamping SSMS dan APKSM untuk melaksanakan sertifikasi tahap kedua.

Pada tahap ini, ada penambahan sebanyak 73 petani baru dengan luasan sebanyak 158,24 hektar dari Desa Kadipi Atas, Desa Sumber Agung, Desa Pangkalan Durin, Desa Sungai Rangit Jaya dan Desa Makarti Jaya.

"Perseroan berharap sertifikasi RSPO ini bisa membuka akses petani mandiri di pasar internasional dan peluang insentif lainnya karena dapat menyediakan produk yang ramah lingkungan dan berkelanjutan," harap Vallauthan.

Saat ini sudah ada sekitar 338 petani dengan luasan 868,78 hektar yang sudah dilakukan sertifikasi. Target kedepannya kepada pekebun-pekebun sawit di sekitar akan mengikuti jejak langkah anggota yang sebelumnya telah bergabung.

"Setiap pengembangan di perkebunan Perseroan, kami selalu mempersiapkan dan melakukan langkah meminimalisir dampak lingkungan serta menjaga makhluk hidup yang ada disekitar usaha guna keberlanjutan lingkungan," tuturnya lagi. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru