Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Surakarta Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Musrenbang Kecamatan Kumai 2022, ini Usulan yang Banyak Masuk

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 19 Februari 2021 - 09:45 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kecamatan Kumai mengusulkan program prioritas dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), tingkat kecamatan Kumai. Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis, 18 Februari 2021 tersebut, merupakan rangkaian kegiatan Musrenbang RKPD tahun anggaran 2022.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan secara terbuka di halaman kantor camat Kumai, kegiatan dihadiri oleh Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Nurhidayah, beserta ketua DPRD Kabupaten Kobar Rusdi Gozali.

Dalam kesempatan tersebut, Camat Kumai Yudhi Hudaya, menyampaikan beberapa usulan pembangunan di berbagai bidang. Namun yang paling dominan ialah terkait peningkatan sarana dan prasarana.

Ada beberapa usulan, namun ada hal yang sangat strategis dan perlu diprioritaskan, yaitu peningkatan jalan akses antar desa termasuk jalan menuju sentra produksi, penanganan abrasi di wilayah pesisir, pembangunan pasar ikan Kumai dan penanganan sampah.

"Beberapa hal tersebut menjadi penting, karena mampu berdampak terhadap aspek ekonomi dan sosial masyarakat," kata Yudhi.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Kobar Nurhidayah, menyampaikan jika agenda musrenbang ini adalah sarana perencanaan pembangunan, dengan pendekatan partisipasif yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan.

"Masyarakat diberi ruang untuk terlibat dalam setiap tahapan, dengan demikian setiap usulan rencana kegiatan harus dirasakan manfaatnya bagi kepentingan masyarakat secara umum," kata Bupati.

Dalam hal ini, Bupati menyadari jika harapan dan kebutuhan masyarakat sangatlah luas dan kompleks, hingga terkadang anggaran yang tersedia tidak cukup mengakomodir setiap usulan. Terlebih akibat dampak dari pandemi Covid-19 sejak tahun 2020 hingga saat ini.

“Mungkin tidak semua kegiatan pembangunan yang sudah dititipkan kepada kami sebagai pemegang amanah ini, bisa menyenangkan hati dari bapak ibu semua, khususnya di Kecamatan Kumai. Namun dengan kehadiran kami dengan keterbatasan yang ada ini dapat membawakan perencanaan program-program yang matang di tahun 2022 yang akan datang," pungkasnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru