Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Seluma Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wisata Tokung Bali, Danau Unik di Puncak Bukit

  • Oleh Trisno
  • 22 Februari 2021 - 06:00 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu -  Kabupaten Murung Raya menyimpan sejuta pesona  alam dan kaya akan objek wisata yang tentu kalau dilihat tidak kalah dengan objek wisata terkenal yang ada di daerah lainnya.

Namun karena kondisi geografis dan minimnya infrastruktur, membuat berbagai aobjek wisata di Mura sulit berkembang bahkan kurang dikenal dikalangan wisatawan baik local maupun mancanegara.

Salah satunya objek wisata Danau Tokung Bali di Desa Penda Siron Kecamatan Laung Tuhup Kabupaten Mura, yang bisa dibilang danau unik yang beradadi puncak bukit.

Dana alami yang memiliki kendalaman 14 meter dan cukup luas tersebut berlokasi di tengah konsensi perusahaan tambang batu bara namun sampai saat ini tetap terjaga keasriannya dan tidak terjamah oleh aktiffitas perusahaan karena sangat dijaga oleh masyarakat setempat.

Kepala Desa Penda Siron, Muksin pada Minggu mengatakan, Danau Tokung Bali merupakan salah satu objek wisata andalah di desanya yang memiliki keunikan tersendiri disbanding objek wisata lainnya.

Kenapa unik, Tokung Bali jelasnya memiliki arti Danau Yang Mustahil, artinya, keberadaan danau yang berada di puncak bukit bisa dibilang tidak masuk akal, apalagi dana sangat besar dan memiliki kendalaman sampai 14 meter tersebut.

“Wisata Tokung Bali ini memiliki keunikan tersendiri, memiki cerita sejarah tersendiri bagi masyarakat Penda Siron, karena konon Tokung Bali merupaka Danau tempat mandi para dewa pada zaman dahulu, sehingga berda di puncak bukit dan berada di tengah hutan belantara,” tuturnya.

Dirinya mengatakan bahwa Bupati Mura Drs. Perdie M Yoseph MA pernah beberapa waktu lalu secara langsung mmeninjau objek wisata tersebut bahkan menginap di tenda di sekitar danau Tokung Bali untuk menikmati keindahan alam.

Dan dirinya bersama Pemerinttah Kabupaten bersepakat untuk bersama membangun dan mengmbangkan objek wisata Tokung Bali tersebut sehingga menjadi ikon wiisata di Kabupaten Mura dan juga bisa bermanfaat secara ekonomi bagi masyarakat.

“Bupati sangat tertarik dengan pengembangan wisata Tokung Bali ini, masyarakat menyambut baik gagasan Bupati tersebut, dan kami akan segera berkoordinasi dengan pihak Kecamatan dan Kabupaten untuk membangun objek wisata ini, terutama infrastrukturnya,” tutur Kepala Desa Penda Siron. (Trs)

Berita Terbaru