Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Majene Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kuatkan Budaya dan Kearifan Lokal

  • Oleh Trisno
  • 22 Februari 2021 - 04:00 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu – Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph meminta agar budaya dan kearifan lokal tetap dipertahankan, hal tersebut agar budaya lokal tidak mudah luntur dan dapat menangkal masuknya budaya luar yang tidak sesuai dengan kearifan budaya lokal.

“Perlu sebuah gerakan ketahanan budaya lokal terhadap masuknya budaya-budaya yang berasal dari luar yang semuanya tidak sesuai dengan budaya dan kearifan lokal yang kita miliki,”ujarnya, beberapa waktu lalu.

Untuk melaksanakan gerakan ini, lanjut Bupati bisa digunakan pada bidang pendidikan baik dengan cara formal maupun nonformal, seperti memasukan mata pelajaran di sekolah-sekolah atau pun membuat sanggar seni budaya yang mengajarkan dan melatih seni budaya lokal yang dapat menjadi wadah sosialisasi budaya-budaya lokal kepada generasi muda.

“Tentunya saya mengharapkan kepada Dinas Pariwisata supaya proaktif dan mempertahankan maupun mengembangkan budaya yang kita miliki,karena budaya ini sebuah kebanggan dan suatu kehormatan yang kita miliki dari peninggalan nenek moyang terdahulu,”ungkapnya.

Karena budaya merupakan suatu sejarah yang tidak lepas dari kehidupan sehari-hari sehingga perlunya diresapi,dicintai dan dilestarikan apa-apa yang sudah menjadi budaya masyarakat di Kabupaten Murung  Raya.

Bahkan, jelasnya, perkembangan dan peradaban masyarakat modern saat ini ditandai dengan globalisasi yang dapat menyebabkan pergeseran dan perubahan budaya.

Bahkan, lanjut dia lagi, kemajuan teknologi melahirkan media-media sosial baru seperti internet yang dapat memicu pudarnya perhatian terhadap budaya-budaya lokal yang ada utamanya di kalangan generasi muda. (Trs)

Berita Terbaru