Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Timor Tengah Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penggerak Milenial Indonesia Sambut Positif SE Kapolri Soal UU ITE

  • Oleh ANTARA
  • 23 Februari 2021 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Koordinator Penggerak Millenial Indonesia (PMI) Adhia Muzakki menyambut positif surat edaran yang dikeluarkan oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo soal penerapan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik(UU ITE),

Menurut Adhia, di Jakarta, Senin, langkah Kapolri dalam mewujudkan ruang digital Indonesia yang bersih, sehat, dan produktif tentunya sangat dibutuhkan, mengingat banyaknya ujaran kebencian dan pencemaran nama baik kian masif di media sosial.

“Kita dukung langkah Kapolri dalam menindak secara damai laporan-laporan yang masuk terkait dugaan ujaran kebencian dan pencemaran nama baik yang kian masif di media sosial,” katanya.

Kapolri sudah menerbitkan surat edaran bernomor SE/2/11/2021, memuat tentang kesadaran budaya beretika untuk mewujudkan ruang digital Indonesia yang bersih, sehat, dan produktif.

Isi surat edaran itu, salah satunya meminta penyidik polisi mengedepankan restorative justice dalam penyelesaian perkara.

Jenderal Listyo juga meminta penyidik memprioritaskan langkah damai dalam menyelesaikan kasus yang berkaitan dengan laporan dugaan pelanggaran UU ITE.

Kemudian, langkah Kapolri itu tentunya, kata Adhia, juga harus diimbangi dengan usaha kaum milenial dan seluruh komponen bangsa dalam menggunakan media sosial dengan bijak.

Salah satu upaya yang harus dilakukan kelompok milenial, menurutnya lagi, adalah dengan menyebarkan narasi-narasi positif dan konten kreatif.

“Alhamdulillah, kami di PMI konsisten menyebarkan narasi-narasi positif di media sosial,” kata dia lagi.

Adhia juga berharap Kapolri menjadikan kelompok milenial sebagai episentrum dalam menjaga dan merawat kebinekaan di media sosial.

Berita Terbaru