Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Tengah Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wabup Kobar: Festival Seloka Sebagai Upaya Melestatikan Budaya Kobar

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 23 Februari 2021 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Festival Seloka tingkat pelajar SMP/MTS dan SMA/MA/SMK se Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), telah resmi dimulai, di Komplek Istana Kuning, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kobar, pada Selasa, 23 Februari 2021.

Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah yang hadir dalam pembukaan tersebut menyampaikan, bahwa festival ini memiliki arti penting dan bermakna strategis dalam upaya menjaga melestarikan, sekaligus mewariskan peninggalan budaya Kotawaringin Barat khususnya seloka, kepada generasi penerus.

"Melalui festival Seloka ini bisa menjadi sarana hiburan di tengah pandemi Covid-19, juga merupakan ikan yang bertujuan untuk menggali kreativitas dan rasa memiliki terhadap budaya daerah atau lokal," kata Ahmadi Riansyah

Lanjutnya, Wabup mengapresiasi terlaksananya Festival Seloka bagi generasi muda tahun 2021 di halaman istana kuning Pangkalan Bun yang menjadi kebanggaan bersama, meskipun dalam suasana pandemi Covid-19 dan tetap mengacu protokol.

Ahmadi menjelaskan, Festival Seloka bagi generasi muda tahun 2021 merupakan agenda kerja Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah, dalam rangka memperingati hari bahasa Ibu Internasional pada tanggal 21 Februari setiap tahunnya. Hal ini merupakan kiasan dari lahir, bahwa penguasaan bahasa seorang anak dimulai dengan perolehan bahasa pertama sejak dari kecil yang disebut bahasa ibu.

Kemudian, partisipasi aktif dari peserta merupakan kunci dalam setiap penyelenggaraan event kegiatan, untuk itu, kepada seluruh peserta festival seloka bagi generasi muda untuk bersama-sama berperan aktif dalam mensukseskan kegiatan ini.

"Festival yang sangat konstruktif dan strategis dalam mendorong upaya membangun pembangunan budaya bangsa, harus kita lakukan untuk mengangkat harkat dan martabat daerah yang pada akhirnya akan menjadi kebanggaan kita bersama selaku masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat," ungkapnya.

Maka, fengan adanya kemajuan seloka juga akan menunjang pariwisata bagi Kotawaringin Barat, karena mungkin wisatawan hanya akan mendengar seloka ketika datang dan singgah ke Kotawaringin Barat tidak ada di daerah lain. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru