Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Barito Utara Tempatkan Sarana Prasarana Penunjang Penanganan Bencana

  • Oleh Ramadani
  • 23 Februari 2021 - 20:36 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barito Utara telah siap dalam menghadapi bencana yang terjadi di wilayah Bumi Iya Mulik Bengkang Turan.

Kepala Pelaksana BPBD Barito Utara, Gazali Montalatua sudah mempersiapkan sumber daya manusia dan serta Masyarakat Peduli Api (MPA) serta sarana prasarana penunjang di wilayah rawan akan terjadinya bencana.

“Yang namanya bencana selalu ada, tinggal bagaimana cara kita untuk mengantisipasi dengan kesiapan SDM kita, sarana dan prasarana serta hubungan koordinasi antar lembaga baik TNI, Polri, Satpol PP, Damkar, Manggala Agni dan juga Tagana serta komponen-komponen lain,” katanya, Selasa 23 Februari 2021.

Selain itu setiap organisasi Masyarakat Peduli Api memiliki 1 unit water supply, 1 unit pengangkut personel dan 2 sepeda motor CRF dan alat pelindung diri dan Zet Sutter.

“Dan ini adalah persiapan sarana dan prasarana yang kita tempatkan di daerah titik rawan bencana yang pada saat terjadi bencana kita tinggal kita berkoordinasi dan bisa bergerak dengan cepat. Alhamdulillah Kodim 1013/Mtw sudah memiliki tim reaksi cepat didukung oleh BPBD, Polri, Satpol PP semuanya akan bersinergi nantinya,” ujarnya.

Menurutnya, bencana itu selalu ada tapi bagaimana kesiapan kita untuk mengantisipasinya karena bencana seperti Karhutla 99 persen pemicunya adalah oleh manusia dan cuaca alam yang sudah diketahui. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru