Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rp 60 Miliar Anggaran di Kotim Harus Diarahkan Untuk Memperkuat Penanganan Covid-19

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 23 Februari 2021 - 23:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pandemi Covid-19 di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) belum juga berakhir. Hal itu membuat anggaran Rp 60 miliar harus diarahkan untuk memperkuat penanganan Covid-19.

"Sesuai Pemerintah Pusat, refokusing anggaran harus dilakukan yakni sekitar 8%," ujar Plh Bupati Kotim Ahmad Husain, Selasa, 23 Februari 2021.

Dana 8% tersebut merupakan dari Dana Alokasi Umum (DAU). Bukan dari keseluruhan anggaran. Sehingga, pembangunan tetap bisa berjalan. Hanya saja sejumlah kegiatan yang pendanaannya harus menyesuaikan dengan dana yang ada saat ini. Karena dihitung per triwulan.

"Inilah yang kami bahas di rapat evaluasi, karena ini menyangkut anggaran yang sangat penting dibahas," kata Husain. 

Dirinyapun menyesalkan dengan adanya sejumlah Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), yang tidak hadir dalam kegiatan tersebut. Padahal, rapat itu sangat penting, karena berkaitan dengan penyesuaian anggaran di masing-masing SOPD. 

"Harusnya kepala SOPD paham mana rapat penting dan tidak, bukan malah tidak hadir di rapat yang sepenting ini," terang Husain. 

Ia berharap pada rapat tersebut bisa menghadirkan solusi terkait dengan refokusing anggaran. Dan kalau memang urgensi, maka dirinya bisa berkonsultasi dengan pihak Provinsi Kalteng. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru